11 Januari 2009

DINKES BALIKPAPAN TARGETKAN PESERTA JAMKESDA MENCAPAI 200 RIBU JIWA

Balikpapan, 10/1 (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan pada 2009 menargetkan jumlah warga yang mengikuti program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dapat mencapai sebanyak 200.000 jiwa. "Jumlah keikutsertaan yang mengikuti program Jamkesda pada tahun 2008 di Balikpapan sebanyak 160.000 jiwa," kata Kepala Dinkes Kota Balikpapan, Dyah Muryani, di Balikpapan, Sabtu. Saat ini, dana untuk Jamkesda yang terserap sebanyak Rp15 miliar dari jumlah anggaran sebesar Rp22 miliar. Diungkapkan Dyah, bahwa peserta Jamkesda disebabkan masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya keikutsertaan dalam program Jamkesda.

Memasuki tahun 2009, Dinkes akan menggencarkan sosialisasi program Jamkesda ke masyarakat yang bekerja di sektor informal. Pasalnya, program Jamkesda diperuntukan bagi warga yang bekerja di sektor informal, seperti tukang ojek, pedagang, buruh cuci dan lainnya. "Warga masih belum mengerti dengan adanya Jamkesda, setelah sakit baru mereka datang untuk mengurus kartu jaminan. Kita akan menggencarkan sosialisasi kepada warga yang pekerjaannya tidak berpenghasilan tetap atau informal," kata Dyah.

Ia menerangkan, program Jamkesda merupakan bagian dari upaya Pemkot dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu jaminan kesehatan. Meskipun tidak gratis sepenuhnya, setidaknya dapat meringankan beban biaya di rumah sakit.