18 Mei 2011

Warga Miskin Demo Tuntut Pengobatan Gratis

JAKARTA- Puluhan warga berunjuk rasa di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Mereka menuntut dihapusnya iuran kontribusi orang miskin, dan pengembalian kartu gakin.

Selain itu, warga yang tergabung dalam Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Jakarta Barat ini meminta pemerintah memberikan pengobatan gratis di rumah sakit. Aksi ini melibatkan warga Jakarta Barat dari wilayah Kapuk, Cengkareng, dan lainnya.

"Walaupun sudah nyata sebagai orang miskin atau tidak mampu, pasien masih harus cari utangan untuk membayar biaya iuran kontribusi. Sebenarnya biaya iuran kontribusi tidak tertera di dalam peraturan Daerah Nomor 4/2009 tentang Sistim Kesehatan Daerah," terang Ketua DKR Jakarta Barat, Lis Sugianto, di sela-sela aksi di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (11/5/2011).


Menurut dia, ketentuan tersebut hanya ada dalam petunjukan pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari program JPK Gakin. Sugianto menambahkan, distribusi kartu JPK Gakin terkendala birokrasi. Pasalnya, masih banyak warga miskin yang belum memperoleh kartu tersebut, karena distribusi yang tidak jelas. "Dan yang lebih parah, masyarakat yang realtif mampu menggunakan jalur cepat untuk memperoleh kartu JPK Gakin dengan imbalan biaya tertentu," ungkapnya.

Menurut Sugianto, masyarakat harus bersatu dan bersama-sama memastikan hak-hak kesehatannya telah dijamin oleh pemerintahan. Untuk itu, DKR Jakarta Barat mengajak semua pihak bersama-sama menuntut seluruh biaya kesehatan dibebaskan penuh bagi rakyat miskin.

Lia, warga Kapuk mengaku dirinya kerap kali dipersulit pihak rumah sakit umum daerah saat berobat. "Saya diputer-puter oleh pihak rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan gratis. Padahal, anak saya sedang sakit parah," tutur Lia.

Dari pantauan, lima orang perwakilan dari warga yang berdemo sudah menghadap Wali Kota Jakarta Barat untuk menyampaikan keluhannya. Sementara itu polisi menjaga unjuk rasa tersebut sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Barat.
(ram)

sumber : http://news.okezone.com/read/2011/05/11/338/455779/warga-miskin-demo-tuntut-pengobatan-gratis